Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.

Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS

Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS
Kuy Belajar - Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS. Assalamualaikum sobat semua, gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya. Alhamdulillah kita ketemu lagi di blog kuy-belajar, sebelumnya kita sudah membahas materi pertama kita tentang CSS yaitu Pengertian CSS dan Fungsi CSS kita akan menyambung pembahasan tersebut yaitu dengan materi Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS. Sobat sudah penasaran kan? kuy simak pembahasan berikut ini!
Kuy Belajar - Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS


Pengertian Selector pada CSS

Selector merupakan salah satu metode di dalam CSS yang digunakan untuk  pengelompokan syntax. Selector juga dapat diartikan sebagai aturan yang digunakan untuk memisahkan beberapa syntax dengan target yang berbeda.

Karena kode CSS sendiri berfungsi untuk mengubah/memanipulasi desain tampilan dari Sebuah website, CSS membutuhkan sebuah cara untuk ‘mengaitkan’ atau menghubungkan kode CSS dengan tag HTML yang sesuai. Hal inilah yang dimaksud dengan Selector dalam CSS.


Sesuai dengan namanya, selector ini digunakan untuk mencari bagian web yang ingin dimanipulasi atau yang ingin di-style tampilannua. Misalnya : “cari seluruh tag <i>”, atau “cari seluruh tag HTML yang memiliki atribut class=”submit”” atau “cari seluruh link yang ada di dalam tag <p>”.

Penggunaan selector paling dasar dari CSS yaitu tag dari HTML itu sendiri, misalnya: tag p, i, h1, li, dll. Selector didalam CSS dapat menjadi kompleks tergantung kebutuhannya.

Pengertian Property pada CSS

Property CSS adalah jenis style atau elemen apa yang akan diubah pada sebuah HTML. CSS ini memiliki puluhan property yang dapat digunakan agar menampilkan hasil akhir yang di inginkan. Hampir semua property dalam CSS dapat dipakai untuk seluruh selector

Seandainya selector digunakan misalnya untuk “mencari seluruh tag <p>“, maka property adalah “efek apa yang ingin dimanipulasi dari tag p tersebut“, seperti ukuran text, warna text, jenis fontnya, dll.

Pengertian Value pada CSS

Value CSS adalah nilai dari property. Misalkan untuk property background-color yang digunakan untuk mengubah warna latar belakang dari sebuah selector, value atau nilainya dapat berupa red, blue, black, atau white.

Untuk lebih jelasnya tentang selector, property dan value pada CSS, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Kuy Belajar - Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS

Saya rasa itu lah pembahasan kita tentang Pengertian Selector, Property dan Value beserta fungsinya pada CSS. kita sudah mempelajari fungsi berserta contoh nya masing-masing.
Sekian dulu dari saya "Singkat, Semoga Bermanfaat"

Keep Coding ya sobat!


Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.
Load comments