Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.

Cara Membuat Form di HTML

Cara Membuat Form di HTML
Kuy Belajar - Cara Membuat Form di HTML. Assalamualaikum sobat semua, kita ketemu lagi. Setelah kita selesai membahas materi tentang Table di HTML dan materi terakhir yang kita bahas adalah Cara Mengatur Tinggi Table Menggunakan Atribut Height. Pembahasan kita kali ini adalah tentang cara membuat form di HTML. Pasti sobat sudah penasarankan? Kuy kita mulai pembahasannya!

Kuy Belajar - Cara Membuat Form di HTML

Penggunaan form hanya menggunakan HTML saja tidak akan terlalu berguna. Form biasanya hanya berupa interface yang disediakan untuk mengumpulkan data dari user, dan akan diproses dengan bahasa pemograman web seperti JavaScript atau PHP, dan disimpan di dalam tabel MySQL.



Pengenalan Form di HTML

Form merupakan salah satu elemen dalam HTML yang digunakan untuk menerima input dari pengunjung. Melalui form pengunjung sebuah halaman web dapat melakukan interaksi dengan web. Pengunjung dapat memasukan data melalui elemen-elemen input seperti textfield, checkbox, radio button, textarea, submit button, dropdown dan lain-lain.

Form isian atau borang dalam istilah bahasa Indonesianya, dapat kalian buat di halaman web kalian untuk berbagai macam keperluan. Misalnya untuk aplikasi buku tamu, login, registrasi, dan lain sebagainya. 

Dibanding skill pelajaran html lainnya seperti membuat paragraf atau memasukkan gambar, membuat form relatif lebih sulit. Untuk itu sobat sebaiknya membaca setiap petunjuk disini agar lebih mudah memahami cara membuat form ini.

Sebuah form dalam HTML harus berada di dalam tag form, yang diawali dengan <form> dan diakhiri dengan </form>. Tag form akan membutuhkan beberapa atribut untuk dapat berfungsi dengan seharusnya.

Atribut pertama adalah action, yang berfungsi untuk menentukan kemana data dari form akan dikirimkan. Biasanya nilai dari atribut action ini adalah alamat dari sebuah halaman PHP yang digunakan untuk memproses isi data form. misalkan action="proses.php"

Atribut kedua adalah method, yang berfungsi untuk menjelaskan bagaimana cara data isian form akan dikirim oleh web browser. Nilai dari atribut method ini bisa berupa get atau post.

Perbedaan method get dan method post adalah, jika kita mengisi atribut method dengan get (dimana ini adalah nilai default seandainya atribut method tidak ditulis) maka data yang sobat isikan pada form akan tampil pada url browser. 


Method post biasanya digunakan untuk data yang lebih sensitif seperti yang berisi password, atau registrasi user. Data hasil form tidak akan terlihat pada url browser.

Berikut ini adalah struktur dasar form HTML.

 <form action="logindata.php" method="post"> 
...isi form... 
</form>
Berikut ini adalah gambaran sebuah form utuh yang akan kita buat pada materi berikutnya.


Kuy Belajar - Cara Membuat Form di HTML

Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.
Load comments