Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.

Pengertian PHP, Fungsi, serta Kelebihannya

Pengertian PHP, Fungsi, serta Kelebihannya
Assalamualaikum sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian PHP, Fungsi dari PHP, serta apa kelebihan dari PHP. Kuy kita kenalan sama PHP!

Pengertian PHP

Mungkin bagi sobat yang sudah lama berkutat didunia programming website sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PHP. Apa itu PHP? Pemberi Harapan Palsu maksudnya? bukan kok, PHP yang dimaksud di sini adalah kepanjangan dari Hypertext Preprocessor, PHP yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan dan pengembangan situs web.

Penggunaan PHP pun tidak bisa lepas dari HTML, CSS, ataupun Javascript yang digunakan untuk membangun User Interface sebuah website, sedangkan PHP digunakan untuk melakukan perintah-perintah didalam sebuah website, sebagai contoh misalkan sobat melakukan sebuah registrasi data sekolah. 


HTML, CSS, ataupun Javascript akan memberikan tampilan sebuah form untuk menginput data-data sobat tersebut, lalu setelah sobat menekan tombol "SIMPAN" barulah disitu skrip PHP yang bekerja untuk menyimpan data yang telah sobat masukan tadi ke dalam database. Alangkah baiknya sebelum sobat mempelajari PHP, terlebih dahulu memahami HTML. Kuy mengenal HTML beserta contoh skripnya

Sobat kenal tidak dengan om Rasmus Ledorf? kalau belum kenal, yuk kita berkenalan dengan beliau.
Rasmus Lerdorf, pencpta bahasa pemrograman PHP
Ini dia Rasmus Lerdorf bapak dari PHP
Sumber Gambar
Rasmus Ledorf adalah seseorang yang paling berpengaruh dengan PHP, oh dia suka memberi harapan palsu ya? bukan kok, om Rasmus Ledorf inilah yang menciptakan bahasa pemrograman PHP, tepatnya pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. kuy baca Biografi Rasmus Lerdorf Pencipta PHP



Kelebihan PHP

PHP mempunyai banyak kelebihan loh dibanding bahasa pemrograman yang lain, diantaranya :
  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya. Artinya PHP ini bisa langsung di jalankan melalui virtual server di komputer sobat tanpa harus melakukan kompliasi terlebih dahulu.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya Programmer dan developer yang menggunakan bahasa PHP ini, dan siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows).


Fungsi dari PHP

Untuk sobat yang hanya ingin membangun website statis, mungkin bahasa PHP ini tidaklah di butuhkan. Tetapi seiring perkembangan zaman yang sudah seperti saat ini, sangat jarang orang yang membangun sebuah website statis, karena yang namanya statis berarti websitenya pun akan seperti itu-itu saja.

Namun dengan PHP ini, sobat dapat membuat sebuah website yang dinamis, Sebagai perbandingan, website dinamis yang bisa dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dll.

Seperti yang saya sudah jelaskan tadi di atas, PHP ini lah yang akan memproses perintah-perintah yang sobat masukan pada sebuah aplikasi website.


Saya rasa cukup sampai disini dulu perkenalan kita dengan PHP, Semoga bermanfaat dan Keep Coding!
Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.
Load comments